Header Ads

Provinsi yang Akan Dimenangkan Prabowo dan Jokowi Versi LSI

LAMELLONGPOS.COM, JAKARTA – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, pasangan nomor urut satu Prabowo-Hatta akan memenangi suara di wilayah DKI Jakarta dan Banten.
Sementara pasangan Jokowi-JK akan mengalahkan suara Prabowo-Hatta di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Selawesi Selatan, dan Jawa Barat yang dianggap sebagai wilayah teritori strategis dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.
Melansir survei terbaru mengenai pertarungan wilayah strategis di Indonesia bagi capres-cawapres Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK.
Dari tujuh wilayah strategis yang disurvei, yaitu provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Banten dan Sulawesi Selatan, Jokowi-JK menang di 5 wilayah, sedangkan Prabowo-Hatta hanya menang di dua wilayah.
Peneliti LSI Rully Akbar menyebutkan, di provinsi Jawa Barat, pemilih Jokowi-JK mencapai 39,06 persen sedangkan Prabowo-Hatta mencapai 29,96 persen. Berbeda dengan perolehan DKI Jakarta, Prabowo-Hatta meraih 35,00 persen sementara Jokowi-JK kalah tipis di angka 30,66 persen.
Sementara Prabowo-Hatta juga menggungguli Jokowi-JK di daerah Banten dengan persentase 33,53 persen. Untuk Jokowi-JK mendapatkan 26,25 persen total suara.
Di provinsi Jawa Tengah, sebagai kandang pendukung PDIP, Jokowi-JK menang telak perolehan suara 38,57 persen. Prabowo-Hatta hanya mendapatkan 15,54 persen.
Kemenangan telak juga terjadi di provinsi Sumatra Utara, Jokowi-JK meraih 48,16 persen total suara berbanding 16,38 persen total suara untuk Prabowo-Hatta.
Jokowi-JK juga mampu unggul di Jawa Timur, yakni daerah dengan basis NU terbanyak, dengan perolehan 31,71 persen berbanding 21,49 persen untuk Prabowo-Hatta.
Di kandang Jusuf Kalla, Jokowi-JK juga menang jauh atas Prabowo-Hatta dengan persentase 43,75 persen berbanding 19,25 persen.
"Tujuh provinsi strategis mewakili 70 persen populasi pemilih nasional," kata Rully di kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (4/6/2014).
Pengumpulan data dilakukan antara 1-9 Mei 2014 dengan melibatkan 2.400 responden. Ada pun, tingkat swing voters pada survei kali ini masih berkisar antara 30,98 persen-46,80 persen.

Sumber : Tribun Timur

Tidak ada komentar